Definisi Multimedia Interaktif

 



1. Definisi Multimedia Interaktif

Tanpa disadari para penggunanya, dalam melakuan aktifitas dan kenyamanan sehari-hari banyak didukung berbagai kemudahan digital multimedia design misalnya TV program, ponsel (telepon selular), media presentasi, internet, dan lain-Iain. Beberapa kelebihan dalam penggunaan multimedia berbasis web antara lain pembelajaran lebih bagus dan memuat mudah. belajar dengan menggunakan penglihatan, dapat menghadapi masalah dalam pembelajaran, serta banyak pemikiran yang bisa untuk disampaikan. Beberapa fungsi dari multimedia interaktif di antaranya e1earning, komunikasi dalam bidang manajemen dan keuangan, komunikasi bisnis dan konsumen (e-commerce), komunikasi antar-konsumen dalam jejaring sosial, komunikasi pemerintah dalam hal informasi publik dan layanan masyarakat, komunikasi kebudayaan, serta sebagai sarana hiburan.  


A. Terminologi Multimedia

Secara umum, kata multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium. Multi memiliki arti bermacam-macam/banyak, sedangkan medium memiliki arti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan secara terminologi (menurut istilah) multimedia bisa diterjemahkan sebagai penggunaan berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa komponen tersebut. Beberapa ahli yang memberikan pengertian multimedia antara lain sebagai berikut.

1)   Heinich, Russel, Molenda, dan Smaldino

Mereka bertiga menyatakan bahwa definisi multimedia lebih merujuk kepada bermacam gabungan dari dua atau lebih susunan media yang ada di dalam bentuk informasi atau program.

2)   Hofstetter

Hofstetter menyatakan bahwa dalam konteks komputer, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool sehingga end-user dapat berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

3)   McComick

McComick menyatakan bahwa Multimedia identik dengan kombinasi dari tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks.

4)   Rada

Rada menyatakan bahwa multimedia lebih mengacu kepada gabungan berbagai media yang ada.

5)   Rosch

    Rosch menyatakan bahwa multimedia identik dengan kombinasi dari komputer dan     video.

6)   Turban dan kawan – kawan  

Turban menyatakan bahwa multimedia sebagai kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.

7)   Vaughan

Vaughan menyatakan bahwa multimedia identik dengan suatu gabungan dari suara, teks, gambar, animasi, dan juga video yang diberikan dengan memakai barang elektronik seperti komputer dan lain-lain.

B. Klasifikasi Multimedia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat mendorong berbagai perubahan di segala aspek kehidupan. Oleh sebab itu, terjadi pergeseran paradigma di mana perkembangan pesat pada bidang TIK dapat menampilkan data dan mentransfer informasi dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan ilmu pengetahuan dapat diakses secara cepat oleh pengguna akhir (end-user).

1) Menurut Jenisnya

Secara umum, multimedia dikategorikan menjadi multimedia linear dan multimedia interaktif.

a)  Multimedia Linear

Multimedia linear bisa diterjemahkan sebagai multimedia yang berjalan tanpa menggunakan suatu alat yang dapat dicontrol secara mandiri oleh pemakai, misalnya TV dan film.

b)  Multimedia Interaktif

Multimedia jenis ini memiliki sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol dan dapat digunakan oleh end-user yang bersangkutan sehingga membuat end-user tersebut bisa memilih tujuannya. Penerapan multimedia jenis ini banyak ditemui pada aplikasi game.

Multimedia interaktif sendiri dikategorikan sebagai berikut :

(1) Hierarchyal

Dikategorikan sebagai Hierarchyal, jika end-user memiliki  pilihan terhadap topik yang bisa menjadi sub topik.

(2) Non-linear

Dikategorikan sebagai non-linear, jika end-user bebas melakukan pergerakan untuk bisa melihat isi materi dengan cara berkomunikasi melalui perangkat tersebut.

2) Menurut Proses

Terjalin atau terjadinya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya dapat dikategorikan sebagai multimedia. Jenis-jenis multimedia menurut prosesnya, dapat dikategorikan sebagai berikut.

a) Multimedia Communication

Jenis-jenis multimedia jenis ini yang banyak digunakan di antaranya cetak, ICT (internet), entertainment (hiburan), film, game, musik, radio, tutorial (panduan belajar), dan TV. Oleh sebab itu, multimedia jenis ini lebih memanfaatkan media massa dengan tujuan mempublikasikan serta mengomunikasikan material advertising, public-city, entertainment, news, education, dan lain-lain.


b) Multimedia Content Production

Penggunaan beberapa komponen teknologi dalam ruang lingkup multimedia content production yang berbeda dapat menggabungkan berbagai media dengan metode baru dalam berkomunikasi. Dalam hal ini, penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia, misalnya musik, video, film, game, entertainment, dan lain-lain. Dalam kategori ini jenis media yang umum digunakan adalah media teks, audio, video, animasi, graph/image, interactivity, dan special effect.

3) Menurut Jaringan

Jenis-jenis multimedia menurut jaringan dapat dikategorikan sebagai berikut. 

a) Multimedia Online

Media jenis ini masuk ke dalam kategori lini atas dengan komunitas sasaran yang, luas. Karakteristik dari multimedia online adalah metode penyampaiannya menggunakan media-media tertentu melalui jalur, kawat, saluran, atau pun jaringan tertentu, misalnya pada YM, mIRC atau yang sejenisnya.

b) Multimedia Offline

Media jenis ini masuk ke dalam kategori lini bawah dengan target atau sasaran terbatas, tidak terlalu luas, dan mencakup pada sebuah komunitas di wilayah tertentu. Karakteristik dari multimedia offline adalah metode penyampaiannya tanpa melalui jalur, kawat, saluran, ataupun jaringan tertentu. Misalnya penggunaan CD interaktif yang berisi materimateri pembelarajan pada bidang studi tertentu dan company profile pada sebuah perusahaan.

C. Komponen Multimedia

Manfaat penggunaan berbagai media yang berbeda dengan tujuan tertentu dapat membawa maupun menyampaikan berbagai jenis informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video ataupuh gabungan dari beberapa komponen masih bisa disebut sebagai sebuah multimedia. Wujud nyata multimedia yang paling dekat pada kehidupan sehari-hari antara lain radio, televisi, handphone, dan komputer. Multimedia dapat digunakan pada berbagai bidang kehidupan, terutama jika ditunjang dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan keberadaan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan. Komponen- komponen dalam multimedia interaktif di antaranya sebagai berikut.

1) Animasi (Animation)

Secara mendasar, tampilan animasi mudah dimengerti, dan lebih komunikatif dalam menyampaikan sesuatu pesam/tujuan dibandingkan sekadar gambar diam. Definisi animasi sebagai kumpulan gambar yang ditampilkan secra  bergantian dan  berurutan sehingga terlihat bergerak dan hidup. Sehingga pergerakan  dalam animasi diciptakan dalam bentuk deretan frame di layar. Dalam hal ini, pergerakan animasi akan lebih mudah dimegerti dibanding objek atau gambar diam.

2) Gambar (Image)

Gambar sebagai salah satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar (grafik) sebagai suatu hasil dari penjelasan sebuah gambar visual yang ada. Sehingga gambar dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia berorientasi terhadap visual. Guna mengetahui gambar ini diperlukan untuk menunjukkan informasi yang tidak bisa diartikan lewat sebuah kata, misalnya tulisan “Batas Suci” yang ada di setiap masjid, foto yang mewakili bentuk grafik yang menyajikan kenyataaan, dan grafik ikonik/kartun yang biasa dipasang di pintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan.

3) Teks (Text)

Secara mendasar, teks identik dengan suatu artian yang berupa medium visual yang dipakai untuk mengartikan bahasa lisan. Teks pada umumnya lebih mengacu pada kata, kalimat, alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Dalam hal ini, tampilan dalam bentuk teks (tipografi) yang memiliki bermacam jemis bentuk, ukuran dan warna, bisa diterjemahkan sebagai elemen yang cukup penting dalam pembuatan multimedia, sebab sebagian besar tampilan multimedia menggunakan teks yang lebih efektif dalam menyampaikan ide dan panduan kepada pembacanya. Dengan demikian, teks diterjemahkan sebagai bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenali, serta memiliki struktur yang sederhana,

4) Audio dan Video

Suara (audio) identik dengan semua hal yang dapat didengar dengan menggunakan indra pendengaran, Sebuah multimedia tidak terasa lengkap tanpa adanya peranan audio, sebab teknologi audio berperan penting dalam penyampaian informasi. Penggunaan audio di dalam multimedia umumnya berupa suara musik, suara dari voice record, dan efek-efek suara lain, Sedangkan teknologi video identik dengan gambar-gambar berurutan sehingga menimbulkan efek gerak yang dapat dilihat dan juga didengar. Pembuatan video dalam tampilan multimedia hertujuan untuk membuat tampilan yang dihasilkan lebih menarik.

 

2. Manfaat Multimedia Interaktif

Penyampaian sebuah produk menggunakan multimedia akan terlihat lebih menarik, jika di dalamnya dilengkapi dengan unsur interaktivitas sebagai sebuah rancangan dibalik keberadaan program multimedia. Sebuah produk multimedia yang baik diawali dengan desain yang baik pula, misalnya aplikasi multimedia dalam proses pembelajaran guna menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) sehingga memiliki kemampuan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan sehingga secara sengaja proses tersebut dapat terjadi, bertujuan, dan terkendali. Beberapa keunggulan multimedia adalah sebagai berikut.

Manfaat yang dapat diperoleh dalam penggunaan multimedia interaktif antara lain informasi yang lebih menarik, meminimalisir jumlah waktu pertemuan, lebih interaktif dan fokus, kualitas belajar dapat ditingkatkan, sikap belajar dapat ditingkatkan, serta proses penyampaian dapat dilakukan secara bebas. Penerapan multimedia dalam kehidupan sehari-hari di antaranya sebagai berikut.

a. Perumahan (House)

Perumahan (house) menjadi wujud nyata dari penerapan multimedia yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari. Jenjs-jeriis aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam bentuknya, misalnya penggunaan elemen-elemen multimedia berbagai jenis permainan (game) seperti Sega, Nintendo, Playstation, X-Box, dan lain-lain dengan menggunakan televisi sebagai sarananya penyalur multimedia. samping itu, penggunaan komputer dengan CD/DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia.

b. Ruang Usaha

Jenis aplikasi multimedia dalam bidang-bidang usaha dengan ruang lingkup berupa presentasi, periklanan, katalog, demo produk, pemasaran, database, instant message, komunikasi jaringan, dan video conference yang digunakan untuk melakukan tatap muka tanpa hams berada di- dalam lokasi yang sama. Dengan keberadaan aplikasi multimedia tersebut, maka perusahaan yang bersangkutan dapat menjalani usahanya lebih lancar.

c. Pendidikan

Kemampaun multimedia dalam mengubah proses belajar mengajar konvensional menjadi lebih interaktif sudah sangat teruji karena dapat menggantikan KBM konvensional yang diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya. Hal nyata yang dapat dilihat pada peningkatan kemampuan membaca pada anak-anak usia dini (PAUD) dalam bentuk animasi yang sangat menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.

d. Ruang Publik (Tempat Umum)

Kios-kios informasi pada ruang publifc (tempat umum) yang berada di hotel, museum, pusat perbelanjaan, pusat hiburan dan lain-lain, dapat dikategorikan sebagai aplikasi multimedia. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan berfungsi memberikan posisi toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMKN 1 BAKTIYA BARAT VIEW

Popular Posts