Tanpa disadari para penggunanya, dalam melakuan aktifitas dan kenyamanan sehari-hari banyak didukung berbagai kemudahan digital multimedia design misalnya TV program, ponsel (telepon selular), media presentasi, internet, dan lain-Iain. Beberapa kelebihan dalam penggunaan multimedia berbasis web antara lain pembelajaran lebih bagus dan memuat mudah. belajar dengan menggunakan penglihatan, dapat menghadapi masalah dalam pembelajaran, serta banyak pemikiran yang bisa untuk disampaikan. Beberapa fungsi dari multimedia interaktif di antaranya e1earning, komunikasi dalam bidang manajemen dan keuangan, komunikasi bisnis dan konsumen (e-commerce), komunikasi antar-konsumen dalam jejaring sosial, komunikasi pemerintah dalam hal informasi publik dan layanan masyarakat, komunikasi kebudayaan, serta sebagai sarana hiburan.
Secara umum, kata
multimedia berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu multi dan medium.
Multi memiliki arti bermacam-macam/banyak, sedangkan medium memiliki arti sesuatu
yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Sedangkan secara
terminologi (menurut istilah) multimedia bisa diterjemahkan sebagai penggunaan
berbagai media yang berbeda untuk membawa atau menyampaikan informasi dalam
bentuk teks, grafik, animasi, audio, video dan atau gabungan dari beberapa
komponen tersebut. Beberapa ahli yang memberikan pengertian multimedia antara
lain sebagai berikut.
1) Heinich,
Russel, Molenda, dan Smaldino
Mereka bertiga
menyatakan bahwa definisi multimedia lebih merujuk kepada bermacam gabungan
dari dua atau lebih susunan media yang ada di dalam bentuk informasi atau
program.
2) Hofstetter
Hofstetter menyatakan
bahwa dalam konteks komputer, multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool
sehingga end-user dapat berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
3) McComick
McComick menyatakan
bahwa Multimedia identik dengan kombinasi dari tiga elemen yaitu suara, gambar
dan teks.
4) Rada
Rada menyatakan bahwa
multimedia lebih mengacu kepada gabungan berbagai media yang ada.
5) Rosch
Rosch menyatakan bahwa multimedia identik dengan kombinasi
dari komputer dan video.
6) Turban
dan kawan – kawan
Turban menyatakan bahwa
multimedia sebagai kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output.
Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar.
7) Vaughan
Vaughan menyatakan bahwa
multimedia identik dengan suatu gabungan dari suara, teks, gambar, animasi, dan
juga video yang diberikan dengan
memakai barang elektronik seperti komputer dan lain-lain.
B. Klasifikasi Multimedia
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat mendorong berbagai perubahan di segala aspek kehidupan. Oleh sebab itu, terjadi pergeseran paradigma di mana perkembangan pesat pada bidang TIK dapat menampilkan data dan mentransfer informasi dengan kecepatan tinggi sehingga menyebabkan ilmu pengetahuan dapat diakses secara cepat oleh pengguna akhir (end-user).
1) Menurut Jenisnya
Secara umum,
multimedia dikategorikan menjadi multimedia linear dan multimedia interaktif.
a) Multimedia
Linear
Multimedia linear bisa
diterjemahkan sebagai multimedia yang berjalan tanpa menggunakan suatu alat
yang dapat dicontrol secara mandiri oleh pemakai, misalnya TV dan film.
b) Multimedia
Interaktif
Multimedia jenis ini
memiliki sebuah alat yang digunakan untuk mengontrol dan dapat digunakan oleh
end-user yang bersangkutan sehingga membuat end-user tersebut bisa memilih
tujuannya. Penerapan multimedia jenis ini banyak ditemui pada aplikasi game.
Multimedia interaktif sendiri
dikategorikan sebagai berikut :
(1) Hierarchyal
Dikategorikan sebagai Hierarchyal, jika end-user memiliki pilihan terhadap topik yang bisa menjadi sub topik.
(2) Non-linear
Dikategorikan sebagai non-linear, jika end-user bebas melakukan pergerakan untuk bisa melihat isi materi dengan cara berkomunikasi melalui perangkat tersebut.
2) Menurut Proses
Terjalin atau terjadinya hubungan interaktif antara penyaji dengan pemanfaat informasi yang ada di dalamnya dapat dikategorikan sebagai multimedia. Jenis-jenis multimedia menurut prosesnya, dapat dikategorikan sebagai berikut.
a) Multimedia Communication
Jenis-jenis multimedia jenis ini
yang banyak digunakan di antaranya cetak, ICT (internet), entertainment
(hiburan), film, game, musik, radio, tutorial (panduan belajar), dan TV. Oleh
sebab itu, multimedia jenis ini lebih memanfaatkan media massa dengan tujuan
mempublikasikan serta mengomunikasikan material advertising, public-city,
entertainment, news, education, dan lain-lain.
b) Multimedia Content Production
Penggunaan beberapa komponen
teknologi dalam ruang lingkup multimedia content production yang berbeda dapat
menggabungkan berbagai media dengan metode baru dalam berkomunikasi. Dalam hal
ini, penggunaan dan pemrosesan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan
informasi atau menghasilkan produk multimedia, misalnya musik, video, film,
game, entertainment, dan lain-lain. Dalam kategori ini jenis media yang umum
digunakan adalah media teks, audio, video, animasi, graph/image, interactivity,
dan special effect.
3) Menurut Jaringan
Jenis-jenis multimedia menurut jaringan dapat dikategorikan sebagai berikut.
a) Multimedia Online
Media jenis ini masuk ke dalam kategori lini atas dengan komunitas sasaran yang, luas. Karakteristik dari multimedia online adalah metode penyampaiannya menggunakan media-media tertentu melalui jalur, kawat, saluran, atau pun jaringan tertentu, misalnya pada YM, mIRC atau yang sejenisnya.
b) Multimedia Offline
Media jenis ini masuk ke dalam kategori lini bawah dengan target atau sasaran terbatas, tidak terlalu luas, dan mencakup pada sebuah komunitas di wilayah tertentu. Karakteristik dari multimedia offline adalah metode penyampaiannya tanpa melalui jalur, kawat, saluran, ataupun jaringan tertentu. Misalnya penggunaan CD interaktif yang berisi materimateri pembelarajan pada bidang studi tertentu dan company profile pada sebuah perusahaan.
C. Komponen Multimedia
Manfaat penggunaan berbagai media yang berbeda dengan tujuan tertentu dapat membawa maupun menyampaikan berbagai jenis informasi dalam bentuk teks, grafik, animasi, audio, video ataupuh gabungan dari beberapa komponen masih bisa disebut sebagai sebuah multimedia. Wujud nyata multimedia yang paling dekat pada kehidupan sehari-hari antara lain radio, televisi, handphone, dan komputer. Multimedia dapat digunakan pada berbagai bidang kehidupan, terutama jika ditunjang dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan keberadaan multimedia selalu hadir dan menjadi kebutuhan. Komponen- komponen dalam multimedia interaktif di antaranya sebagai berikut.
1) Animasi (Animation)
Secara mendasar,
tampilan animasi mudah dimengerti, dan lebih komunikatif dalam menyampaikan
sesuatu pesam/tujuan dibandingkan sekadar gambar diam. Definisi animasi sebagai
kumpulan gambar yang ditampilkan secra
bergantian dan berurutan sehingga
terlihat bergerak dan hidup. Sehingga pergerakan dalam animasi diciptakan dalam bentuk deretan
frame di layar. Dalam hal ini, pergerakan animasi akan lebih mudah dimegerti
dibanding objek atau gambar diam.
2)
Gambar (Image)
Gambar sebagai salah
satu komponen penting dalam multimedia karena dapat meringkas dan menyajikan
data kompleks serta mampu menyampaikan banyak kata. Gambar (grafik) sebagai
suatu hasil dari penjelasan sebuah gambar visual yang ada. Sehingga gambar
dalam publikasi multimedia lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks, sebab manusia berorientasi terhadap visual.
Guna mengetahui gambar ini diperlukan untuk menunjukkan informasi yang tidak
bisa diartikan lewat sebuah kata, misalnya tulisan “Batas Suci” yang ada di
setiap masjid, foto yang mewakili bentuk grafik yang menyajikan kenyataaan, dan
grafik ikonik/kartun yang biasa dipasang di pintu toilet untuk membedakan
toilet laki-laki dan perempuan.
3)
Teks (Text)
Secara mendasar, teks
identik dengan suatu artian yang berupa medium visual yang dipakai untuk
mengartikan bahasa lisan. Teks pada umumnya lebih mengacu pada kata, kalimat,
alinea, segala sesuatu yang tertulis atau ditayangkan. Dalam hal ini, tampilan
dalam bentuk teks (tipografi) yang memiliki bermacam jemis bentuk, ukuran dan
warna, bisa diterjemahkan sebagai elemen yang cukup penting dalam pembuatan
multimedia, sebab sebagian besar tampilan multimedia menggunakan teks yang
lebih efektif dalam menyampaikan ide dan panduan kepada pembacanya. Dengan
demikian, teks diterjemahkan sebagai bentuk data multimedia yang paling mudah
disimpan dan dikenali, serta memiliki struktur yang sederhana,
4)
Audio dan Video
Suara (audio) identik
dengan semua hal yang dapat didengar dengan menggunakan indra pendengaran,
Sebuah multimedia tidak terasa lengkap tanpa adanya peranan audio, sebab
teknologi audio berperan penting dalam penyampaian informasi. Penggunaan audio
di dalam multimedia umumnya berupa suara musik, suara dari voice record, dan
efek-efek suara lain, Sedangkan teknologi video identik dengan gambar-gambar
berurutan sehingga menimbulkan efek gerak yang dapat dilihat dan juga didengar.
Pembuatan video dalam tampilan multimedia hertujuan untuk membuat tampilan yang
dihasilkan lebih menarik.
2. Manfaat Multimedia Interaktif
Penyampaian sebuah produk menggunakan multimedia akan terlihat lebih menarik, jika di dalamnya dilengkapi dengan unsur interaktivitas sebagai sebuah rancangan dibalik keberadaan program multimedia. Sebuah produk multimedia yang baik diawali dengan desain yang baik pula, misalnya aplikasi multimedia dalam proses pembelajaran guna menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) sehingga memiliki kemampuan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan sehingga secara sengaja proses tersebut dapat terjadi, bertujuan, dan terkendali. Beberapa keunggulan multimedia adalah sebagai berikut.
Manfaat yang dapat
diperoleh dalam penggunaan multimedia interaktif antara lain informasi yang
lebih menarik, meminimalisir jumlah waktu pertemuan, lebih interaktif dan
fokus, kualitas belajar dapat ditingkatkan, sikap belajar dapat ditingkatkan,
serta proses penyampaian dapat dilakukan secara bebas. Penerapan multimedia
dalam kehidupan sehari-hari di antaranya sebagai berikut.
a. Perumahan (House)
Perumahan (house) menjadi wujud nyata dari penerapan multimedia yang sangat dekat
dalam kehidupan sehari-hari. Jenjs-jeriis aplikasi multimedia dalam rumah
sangat beranekaragam bentuknya, misalnya penggunaan elemen-elemen multimedia
berbagai jenis permainan (game) seperti Sega, Nintendo, Playstation, X-Box, dan
lain-lain dengan menggunakan televisi sebagai sarananya penyalur multimedia.
samping itu, penggunaan komputer dengan CD/DVD-ROM sebagai alat penyalur
multimedia.
b. Ruang Usaha
Jenis aplikasi
multimedia dalam bidang-bidang usaha dengan ruang lingkup berupa presentasi,
periklanan, katalog, demo produk, pemasaran, database, instant message, komunikasi jaringan, dan video conference yang
digunakan untuk melakukan tatap muka tanpa hams berada di- dalam lokasi yang
sama. Dengan keberadaan aplikasi multimedia tersebut, maka perusahaan yang
bersangkutan dapat menjalani usahanya lebih lancar.
c. Pendidikan
Kemampaun
multimedia dalam mengubah proses belajar mengajar konvensional menjadi lebih
interaktif sudah sangat teruji karena dapat menggantikan KBM konvensional yang
diterapkan di sekolah-sekolah pada umumnya. Hal nyata yang dapat dilihat pada
peningkatan kemampuan membaca pada anak-anak usia dini (PAUD) dalam bentuk
animasi yang sangat menarik bagi anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan
minat mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
d. Ruang Publik (Tempat Umum)
Kios-kios
informasi pada ruang publifc (tempat umum) yang berada di hotel, museum, pusat
perbelanjaan, pusat hiburan dan lain-lain, dapat dikategorikan sebagai aplikasi
multimedia. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya
kios informasi pada pusat hiburan berfungsi memberikan posisi toko atau sarana
hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.
Perumahan (house) menjadi wujud nyata dari penerapan multimedia yang sangat dekat dalam kehidupan sehari-hari. Jenjs-jeriis aplikasi multimedia dalam rumah sangat beranekaragam bentuknya, misalnya penggunaan elemen-elemen multimedia berbagai jenis permainan (game) seperti Sega, Nintendo, Playstation, X-Box, dan lain-lain dengan menggunakan televisi sebagai sarananya penyalur multimedia. samping itu, penggunaan komputer dengan CD/DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar