PENGGUNAAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN

Quizizz merupakan sebuah web untuk membuat permainan kuis interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran dikelas (bisa digunakan untuk evaluasi pembelajaran). Quizizz sekarang bisa diakses di playstore bagi pengguna android, sehingga dalam penggunaannya lebih praktis dan tentunya mobile friendly. Quizizz hampir sama dengan Quipper dan kahoot karena merupakan media pendidikan yang berbasis elearning semacam kelas online. 

Namun ketiganya memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Penggunaan quizizz sangatlah mudah, bapak dan ibu akan dibagi kedalam 2 bagian yaitu yang pertama adalah host (pembuat soal), pembuat soal biasanya adalah seorang guru/pengajar. Yang kedua ada user (siswa) yang bergabung (join) untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh guru. Akses yang diberikan kepada user/siswa yan melakukan join hanya berupa pengerjaan soal dan pilihan jawaban yang harus dijawab. Selama menjawab user/siswa bisa melihat skor/nilai dalam bentuk presentase. Kuis interaktif ini memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar (quiz pilihan ganda). Bapak dan ibu juga bisa menambahkan gambar latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan dengan pengaturan pertanyaan. 

Apabila quiz sudah selesai dibuat, bapak dan ibu tinggal membagikannya kepada siswa dengan cara membagikan 5-digit kode akses game yang sudah dibuat ke siswa. Dalam artian siswa sudah download melalui playstore aplikasi quizizz ini dan atau dengan membagikan link sebagaimana yang akan lebih detail dijelaskan pada gambar di bawah ini. Langkah-langkah untuk membuatnya cukup mudah, namun dibedakan menjadi dua untuk guru dan siswa. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat untuk kemudian digunakan dan disosialisasikan kepada sesama dalam rangkat pencapaian target pembelajaran pada masing-masing jenjang Pendidikan. Terus kreatif dan inovatif dalam mencerdaskan dan mencerahkan sesama.

Silahkan kunjungi web www.quizizz.com 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SMKN 1 BAKTIYA BARAT VIEW

Popular Posts